Sabtu, 12 Desember 2020

PEMBELAJARAN MENYENANGKAN BERBASIS PERMAINAN PLATFORM ONLINE

Sesuai dengan folosofi pemikiran Ki Hadjar Dewantara bahwa anak memiliki kodrat suka bermain yang sifatnya menyenangkan. Bermain bisa berupa kegiatan yang serius tetapi mengasyikkan. Melalui permainan yang menyenangkan dapat mendorong munculnya motivasi intrinsik belajar pada diri murid. Murid dapat mengembangkan cipta, rasa dan karsanya secara optimal dalam sebuah pembelajaran. Pembelajaran menyenangkan merupakan suasana belajar mengajar yang dapat memusatkan perhatiannya secara penuh saat belajar sehingga tingkat perhatiannya tinggi. Suasana pembelajaran yang menyenangkan dan berkesan akan menarik minat murid untuk terlibat secara aktif, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai maksimal. 

Sesuai dengan kodrat zaman, permainan yang digunakan sebagai media pembelajaran perlu disesuaikan dengan keadaan atau kondisi lingkungan murid. Begitu juga pada kondisi pembelajaran pada masa pandemi Covid-19, dimana pembelajaran dilakukan dalam jaringan internet, guru mengajar dari rumah, murid pun belajar di rumah. Permainan berbasis platform online cocok untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan. Banyak platform online yang bisa dijadikan sebagai media pembelajaran permainan diantaranya liveworksheets.com, phet.colorado.edu, dan quizizz.com. Pada liveworksheets.com guru dapat merubah lembar kerja peserta didik (LKPD) manual menjadi LKPD online interaktif. Guru dapat membuat LKPD berbentuk permainan yang menyenangkan, misalnya mencocokan jawaban dengan cara menarik garis otomatis,  drag and drop jawaban. Murid dapat mengerjakan dan mengirimkan jawaban LKPD secara online. Murid juga dapat melihat nilai perolehan secara otomatis setelah jawabannya dikirimkan. Dengan menggunakan phet.colorado.edu murid bisa mensimulasikan pembelajaran secara virtual. Murid akan terlibat secara aktif dalam proses berpikir dan mengambil kesimpulan. Materi yang dipelajari menjadi lebih menarik dan terlihat “nyata”. Dengan demikian, murid dapat lebih tertarik dalam pembelajaran yang pada akhirnya akan memudahkan murid dalam memahami materi pelajaran. Adapun quizizz.com merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran. Murid dapat melihat nilainya secara langsung dan urutan peringkatnya dibandingkan dengan temannya tiap memasukan jawabannya. 

Tujuan dilaksanakannya pembelajaran menyenangkan berbasis permainan platform online diantaranya :

1)      Mewujudkan pembelajaran yang menghamba pada anak (pelayanan prima pada murid)

2)      Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan berbasis permainan pada platform online

3)      Meningkatkan minat belajar murid pada masa pembelajaran jarak jauh (PJJ)

 Tolok ukur keberhasilan pembelajaran menyenangkan berbasis permainan platform online dapat diukur dengan indikator berikut ini:

1)     Meningkatnya partisifasi murid dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan model daring

2)     Tercapainya tujuan pembelajaran pada masa pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan model daring

3)     Meningkatnya nilai perolehan rata-rata murid.

 Kegiatan pembelajaran menyenangkan berbasis permainan di platform online bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :

1)  Membuat akun murid dan lembar kerja peserta didik (LKPD) berupa permainan yang menyenangkan pada liveworksheets.com.



     

Gambar 1. Daftar akun murid kelas 6 di liveworksheets.com


 

 

            Gambar 2. LKPD berbasis permainan menyenangkan di liveworksheets.com

 

2)   Memilih simulasi virtual menyenangkan yang sesuai dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan  di phet.colorado.edu.   

                        Gambar 3. Simulasi virtual menyenangkan di phet.colorado.edu


3)      Menyiapkan materi/evaluasi di quizizz.com



Gambar 4. Materi/evaluasi yang menyenangkan di quizizz.com

 

4)      Membagikan tautan flatform online yang sudah dibuat kepada murid


 Gambar 5. Membagikan tautan liveworksheets.com di whatsapp grup


 Gambar 6. Membagikan tautan phet.colorado.edu di whatsapp grup

 


                    Gambar 7. Membagikan tautan liveworksheets.com di whatsapp grup

 

5)      Murid menyelesaikan pembelajaran sesuai petunjuk guru di whatsapp grup.

Aktivitas murid dalam mengikuti pembelajaran menyenangkan menggunakan permainan platform online (liveworksheets.com, phet.colorado.edu, dan quizizz.com) dapat disaksikan di tautan youtube https://youtu.be/hLPPM4UnQEk

 


 

Gambar 8. Video pembelajaran menyenangkan menggunakan platform online di youtube

 

Hasil atau keberhasilan dari kegiatan pembelajaran menyenangkan berbasis permainan di platform online ini diantarnya :

1)    Terjadinya peningkatan partisifasi murid dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan model daring

2)    Murid merasa lebih senang dan lebih semangat  mengikuti pembelajaran meskipun belajarnya dengan model daring

3)    Terjadinya peningkatan nilai perolehan rata-rata murid.


 

 

Gambar 9. Rekap nilai LKPD menyenangkan di liveworksheets.com


 

 

Gambar 10. Rekap nilai perolehan murid di quizizz.com

Tantangan dari kegiatan pembelajaran menyenangkan berbasis permainan di platform online ini diantarnya :

1)    Masih adanya murid yang belum mengerti cara mengerjakan permainan di platform online.

2)    Masih adanya murid yang belum memiliki HP yang digunakan murid sendiri

3)    Dibeberapa tempat ditemukan sinyal operatornya yang kurang kuat

Pelajaran yang bisa didapat dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran menyenangkan berbasis permainan di platform online diantaranya :

1)  Murid menyenangi pembelajaran dengan metode atau media yang baru diketahui murid

2)  Belajar sesuai dengan kodrat zamannya murid membuat murid betah, senang dan gembira

3)  Guru harus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dibidang informasi teknologi supaya bisa menyajikan pembelajaran berbasis online yang lebih menyenangkan.

Rencana tidak lanjut dari kegiatan pembelajaran menyenangkan berbasis permainan di platform online ini diantarnya :

1)    Sosialiasi secara masif pada murid dan wali murid melalui whatsapp grup atau pertemuan secara langsung

2)    Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dibidang informasi dan teknologi

3)    Membuat pembelajaran menyenangkan berbasis permainan di platform online yang lebih vareatif dan interaktif.

 

Sebagai bukti bahwa kegiatan pembelajaran menyenangkan berbasis permainan di platform online ini mejadikan murid lebih aktif dan merasa senang dalam pembelajaran secara daring dapat disaksikan ditestimoni pembelajaran menyenangkan berbasis permainan di platform online murid kelas 6 SDN Cigombong 01 Kabupaten Bogor pada tautan yotube https://youtu.be/4sTj2i7XsqM


 

 

Gambar 11. Video testimoni pembelajaran di youtube

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROSES PENYUSUNAN KESEPAKATAN KELAS PADA MASA PEMBELAJARAN DARING

            Penyusunan kesepakatan kelas pada masa pembelajaran jarak jauh dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi whatsapp da...