Kamis, 18 Februari 2021

1.3.a.10. Aksi Nyata_Disiplin Positif_Visi Guru Penggerak

 

GULING SAPU SIPANDEMI

BANGKITKAN MOTIVASI INTRINSIK BELAJAR MURID

PADA MASA PANDEMI COVID-19

Oleh : U. Giri Maulana

(SDN Cigombong 01 Kab. Bogor)

 

Latar Belakang

Murid merdeka biasanya memiliki motivasi intrinsik dan kinerja baik secara akademis. Mereka memiliki harapan yang tinggi dalam menentukan tujuan belajar dan akan memasang target belajar lebih tinggi dari batas yang dapat mereka capai. Hal tersebut bisa tumbuh pada diri murid, jika mereka menaruh harapan yang tinggi pada pembelajaran yang disajikan guru.

Berawal dari pengalaman tersebut guru harus cerdas dalam mendesain lingkungan belajar yang menumbuhkan murid merdeka dan memiliki motivasi intrinsik yang tinggi. Dengan segala keterbatasannya dan dalam kondisi apapun guru harus mampu mewujudkan harapan murid. Harapan murid merupakan masa depan murid yang menentukan masa depan bangsa Indonesia.

Terlalu lama belajar dari rumah atau pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19 memberikan pengaruh yang kurang baik pada motivasi intrinsik belajar pada sebagian murid kelas VIB SDN Cigombong 01 Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor. Banyak tugas-tugas pembelajaran yang meraka selesaikan diluar batas waktu yang ditetapkan atau bahkan sama sekali tidak dikerjakan. Meraka seolah-olah sudah kehilangan harapan terhadap pembelajaran yang disajikan.

Dengan menggunakan model inkuiri apresiatif penulis berkolaborasi dengan berbagai setakeholders membangkitkan motivasi intrinsik belajar para murid pada masa pandemi covid-19 dengan mengadakan kegiatan Guling Sapu SiPandemi (Guru Keliling Sapa Murid Solusi Pandemi).

 Tujuan

Kegiatan Guling Sapu SiPandemi pada Kelas VIB SDN Cigombong 01 Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Menciptakan lingkungan belajar yang merdeka

2.      Membangkitkan motivasi intrinsik belajar para murid pada masa pandemi Covid-19

3.      Menumbuhkan kegiatan belajar yang lebih aktif interaktif pada masa pandemi Covid-19

4.      Memberikan murid suara dan pilihan dalam cara mereka belajar pada masa pandemi Covid-19

 

Deskripsi Aksi Nyata

Setelah kurang lebih sepuluh bulan para murid belajar dari rumah (BDR). Dimana murid belajar di rumah masing-masing dan guru memberikan materi pelajaran dalam jaringan atau luar jaringan dari rumah masing-masing juga. Guru dan murid  dalam kegiatan pembelajaran tidak bertemu secara tatap muka. Kegiatan pembelajaran seperti ini berdampak kurang baik dengan ditandai menurunnya motivasi intrinsik belajar pada sebagian murid kelas VIB SDN Cigombong 01 Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor.

Dengan bekal pemahaman yang dikuasai penulis tentang model  inkuiri apresiatif melalui tahapan BAGJA (Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, Atur Eksekusi) penulis berkolaborasi dengan stakeholders disekolah mengatasi menurunnya motivasi intrinsik belajar para murid pada masa pandemi Covid-19.

“Bagaimana membangkitkan motivasi intrinsik belajar para murid pada masa pandemi Covid-19?” itu pertanyaan utama yang setiap hari penulis pikirkan. Berdasarkan pengalaman yang dialami penulis berkolaborasi dengan stakeholders jadi kekuatan dalam mencari solusi dari sebuah permasalahan.  Dari situlah penulis mempunyai impian untuk berkolaborasi menerapkan metode pembelajaran baru yang membangkitkan motivasi intrinsik belajar dan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Penulis berkolaborasi dengan stakeholder mulai dari kepala sekolah, komite sekolah, rekan sejawat, orang tua/wali murid dan murid  merencanakan dan melaksanakan kegiatan Guling Sapu SiPandami (Guru Keliling Sapa Murid Solusi Pandemi).

Adapun tahapan-tahapan kegiatan Guling Sapu SiPandemi adalah sebagai berikut:

1.    Berkolaborasi dengan kepala sekolah dan rekan sejawat pada rapat awal semester genap membicarakan cara untuk membangkitkan movitasi intrinsik belajar para murid pada masa pandemi Covid-19. Penulis, kepala sekolah dan rekan sejawat menyepakati untuk mengadakan kegiatan Guling Sapu SiPandemi.

2.     
Berkolaborasi dengan orang tua/wali murid dalam menyelenggarakan kegiatan Guling Sapu SiPandemi dengan cara menggalang dukungan orang tua/wali murid dimana orang tua/wali murid membuat surat keterangan bermaterai yang isinya mengizinkan putra/putrinya untuk mengikuti kegiatan Guling Sapu SiPandemi.

  Gambar 1. Surat izin orang tua/wali murid

 

3.      Mendorong orang tua/wali murid untuk mendiskusikan pembagian kelompok, anggota kelompok, tempat dan waktu pelaksanaan kegiatan Guling Sapu SiPandemi. Pada tahapan ini penulis menganjurkan beberapa ketentuan : tempat kegiatan yang dipilih harus tempat/ruangan yang luas yang memungkinkan para murid bisa menjaga protokol kesehatan Covid-19, pemilihan anggota kelompok harus berdasarkan teman sepermainan atau berdomisili ditempat yang tidak berjauhan, dan anggota kelompok paling banyak 6 murid. Hasil diskusi orang tua/wali murid  menyepakati murid kelas 6B dibagi menjadi 5 kelompok belajar masing-masing 6 orang anggota. Kelompok belajar tersebut yaitu : kelompok Narsha, kelompok Bima, kelompok Andhika, kelompok Filo dan kelompok Bilqist.

 

 Gambar 2. Instruksi diskusi kepada orang tua/wali murid di whatsapp grup

 

 4.      Melakukan kegiatan Guling Sapu SiPandemi dengan cara penulis mengunjungi 5 kelompok yang sudah terbentuk secara bergiliran. Kegiatan yang dilakukan penulis selama dilokasi diantaranya : memberi penguatan materi pelajaran yang disampaikan selama daring, memastikan para murid memahami materi yang disampaikan pada waktu daring, memotivasi murid lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran.











 

  Gambar 2. Kegiatan Guling Sapu Sipandemi di kelompok belajar

 

 

 Gambar 3. Kegiatan dan testimoni murid di https://youtu.be/khlCH2nwmPI

 

Hasil Aksi Nyata :

Kegiatan Guling Sapu SiPandemi dapat memberikan pilihan belajar yang lebih beragam kepada para murid. Murid dapat belajar dengan model daring dan ditambah penguatan materi dengan kegiatan Guling Sapu SiPandemi. Hal ini menumbuhkan motivasi intrinsik belajar murid yang dibuktikan dengan antusiasnya para murid dalam mengikuti kegiatan Guling Sapu SiPandemi.

 Pembelajaran yang didapat dari Pelaksanaan (Keberhasil dan Kegagalan)

     Pembelajaran yang didapat dari kegiatan Guling Sapu SiPandemi diantaranya kolaborasi dengan semua pihak dapat menjadi penentu keberhasilan dalam sebuah kegiatan dan pada masa khusus diperlukan solusi kegiatan pembelajaran yang khusus pula agar motivasi belajar murid tetap tumbuh dan murid bisa belajar dengan merdeka.

 Rencana Perbaikan yang Akan dilakukan :

          Rencana perbaikan dari kegiatan Guling Sapu SiPandemi diantaranya akan mendorong orang tua/wali murid untuk melengkapi sarana pembelajaran dikelompok belajar, Misalnya : papan tulis. Dengan adanya sarana pembelajaran akan meminimalisasi ambiguitas penyampaian penguatan materi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROSES PENYUSUNAN KESEPAKATAN KELAS PADA MASA PEMBELAJARAN DARING

            Penyusunan kesepakatan kelas pada masa pembelajaran jarak jauh dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi whatsapp da...