Rabu, 17 Februari 2021

1.4.a.10. Aksi Nyata - Penerapan Budaya Positif

KEGIATAN BEBELAP

TINGKATKAN DISIPLIN POSITIF BELAJAR MURID

Oleh : U. Giri Maulana

(SDN Cigombong 01 Kab. Bogor)

Latar Belakang

Penanaman nilai-nilai kedisiplinan pembelajaran bukanlah hanya memberikan pengetahuan dan teladan tentang yang baik dan buruk, namun di sisi lain, juga harus membawa murid untuk merasa senang dalam dan terhadap nilai-nilai karakter disiplin serta diharapkan untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu media menyenangkan yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan motivasi disiplin positif belajar murid adalah media lagu karena lagu diyakini dapat melejitkan daya imajinasi serta memunculkan hal-hal tersembunyi yang disimpan dalam diri seseorang sehingga ia akan mengingat kembali terhadap sesuatu. Karena pada hakekatnya semua orang dari usia dini hingga dewasa suka bernyanyi. Media lagu dapat diterapkan dalam pembelajaran dengan cara mengubah materi pembelajaran menjadi lirik-lirik lagu yang kemudian dapat dinyanyikan murid. Dengan media lagu dirasa cukup efektif untuk membuat pembelajaran terasa lebih ringan dan menyenangkan karena aktifitas pembelajaran dilakukan dengan beryanyi sehingga murid tidak akan merasa bosan, dan mengantuk, tetapi akan lebih tertarik, bersemangat dalam memperhatikan pembelajaran, serta lebih disiplin dalam mengikuti pembelajaran.

Berdasarkan teori dan pengalaman tersebut penulis tertarik untuk membuat kegiatan BEBELAP (Belajar Bareng Lagu Pembelajaran) untuk meningkatkan disiplin positif belajar murid di kelas VIB SDN Cigombong 01 Kecamatan Cigombong. 

Tujuan

Kegiatan BEBELAP pada Kelas VIB SDN Cigombong 01 Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor memiliki tujuan sebagai berikut :

1.      Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan

2.      Memudahkan murid dalam mengingat materi pelajaran

3.      Membangkitkan disiplin positif belajar murid

 

Deskripsi Aksi Nyata

Kegiatan BEBELAP diawali dengan mengidentifikasi lagu populer dikalangan para murid. Lagu yang dipilih merupakan lagu yang liriknya pendek hal ini dimaksudkan agar para murid mudah dalam mengingatknya. Lagu-lagu yang sudah dikuasai murid pada waktu di kelas rendah atau TK dapat dijadikan pilihan misalnya : balonku ada lima, lihat kebunku, burung kakatua, dan lain-lain.

Kegiatan selanjutnya menentukan materi pelajaran yang akan dijadikan lirik lagu. Alangkah baiknya jika materi yang dipilih adalah materi yang cukup sulit diingat atau dipahami murid. Sebagian murid kelas VIB SDN Cigombong 01 Kecamatan Cigombong cendrung sulit dalam mengingat sifat-sifat, rumus-rumus atau istilah ilmiah yang tidak popular didengarnya.

Dari materi yang sudah dipilih dibuatlah lirik lagu yang hampir mirip dengan lirik lagu aslinya. Berikut salah satu contoh lirik lagu yang berhasil dibuat penulis :


LAGU PRISMA

(Versi : Balonku ada Lima)

 

aku prisma segi n
sisinya n tambah dua
dua n titik sudutnya
rusuknya tiga kali n

 

LP nya bagaimana? Hey
dua kali luas alas
tambah keliling alas
lalu kalikan tinggi

 

volumenya bagaimana? Hey
carilah luas alasnya
lalu kalikan tinggi
ketemulah hasilnya

 

LAGU METODE PIDATO

(Versi : Lihat Kebunku)

 

metode pidatoku

langsung tanpa persiapan
namanya impromptu

dan ada yang dihapal
itu namanya metode memoriter
ekstemporan pasti slalu pake konsep

 


Untuk memudahkan murid dalam mengakses dan menyanyikanya lagu pembelajaran tersebut dibuatkan videonya dan diunggah ke channel youtube supaya bisa dihapalkan dan dipelajari sebelum aktifitas pembelajaran.

 

 Gambar 1. Lagu pembelajaran di channel youtube https://youtu.be/eG7O8cZrHtY

 

            Lagu pembelajaran sebagai media BEBELAP dinyanyikan para murid ketika kegiatan pembelajaran berlangsung dengan materi yang berhubungan.

 


Gambar 2. Para murid sedang menyanyikan lagu pembelajaran 

  Gambar 3. Kegiatan BEBELAP dan testimony murid di https://youtu.be/wSJvhJUOnW8

 

Hasil Aksi Nyata :

Kegiatan BEBELAP menghasilkan pembelajaran yang menyenangkan yang mempermudah para murid dalam mengingat atau memahami materi pelajaran yang dianggap sulit. Pada umumnya jika para murid sudah merasa tertarik atau menyenangi suatu kegiatan pembelajaran maka disiplin positif para murid meningkat.

Pembelajaran yang didapat dari Pelaksanaan (Keberhasil dan Kegagalan)

     Pembelajaran yang didapat dari kegiatan BEBELAP diantaranya pada awal kegiatan pembelajaran yang dianggap baru, para murid seolah-olah tidak menyenangi pembelajaran tersebut. Guru tidak perlu patah semangat tapi guru harus berusaha untuk menyampaikannya dengan tahapan-tahapan yang lebih sederhana dan tidak terlalu rumit. Jika para murid sudah memahami dan terbiasa melakukannya maka secara perlahan para murid akan tertarik dan merasa senang terhadap pembelajaran tersebut. Selain itu, supaya kegiatan pembelajarannya lebih efektif, sebaiknya lagu yang akan digunakan sebagai media BEBELAP disampaikan pada para murid sebelum kegiatan pembelajaran, misalnya melalui channel youtube.

Rencana Perbaikan yang Akan dilakukan :

          Rencana perbaikan dari kegiatan BEBELAP diantaranya pada waktu menulis laporan aksi nyata ini syair lagu  sebagai media pembelajaran dalam kegiatan BEBELAP masih diciptakan oleh guru. Jika para murid sudah terbiasa melakukan kegiatan BEBELAP, maka para murid akan ditugaskan untuk menciptakan dan menyanyikan syair lagunya masing-masing.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROSES PENYUSUNAN KESEPAKATAN KELAS PADA MASA PEMBELAJARAN DARING

            Penyusunan kesepakatan kelas pada masa pembelajaran jarak jauh dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi whatsapp da...